Kenali Ciri-ciri Pencopet di Angkutan Umum

copet

Kenali Ciri-ciri Pencopet di Angkutan Umum

Liputan6.com, Jakarta – Naik angkutan umum berarti harus siap berhadapan dengan copet. Mereka kerap membaur dengan penumpang lain setiap kali beraksi. Celakanya, sulit bagi kita untuk bisa membedakan mana copet dan mana penumpang sungguhan.

Namun sebenarnya ada ciri-ciri khas dari para copet. Seperti hasil pemantauan aparat kepolisian.

Kanit V Subdit Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, Kompol Handik Zusen, menjelaskan penampilan copet saat ini tak seperti zaman dulu yang kumal, berantakan, atau terkesan berandalan. Sekarang, cara berpakaian copet sama seperti pekerja kantoran.
Mereka biasanya beraksi di bus ber-AC dengan harapan semilir angin dari AC membuat penumpang tertidur atau terlena. Saat itulah copet memiliki kesempatan leluasa untuk melucuti ponsel dan dompet korbannya.

“Copet sekarang biasanya berpakaian rapi, necis, tidak kumal. Pakaiannya kemeja putih. Copet yang berpakaian rapi ini biasanya naik dalam angkutan umum (bus) Patas AC. Karena copet berpikiran penumpang yang naik Patas ber-AC akan terlelap dengan dinginnya AC dalam perjalanan macet,” kata Handik kepada Liputan6.com di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (12/4/2016).

/ Keamanan, Lingkungan

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *